Menggabungkan Shadowsocks Simple-Obfs dengan OpenVPN di Router OpenWRT

Source image vpntut.com

Shadowsocks simple-obfs gabung OpenVPN di OpenWRT. Akhirnya bisa juga menggabungkan Shadowsocks simple-obfs dengan OpenVPN di Router dengan firmware OpenWRT. Beberapa kali mencoba menggabungkan Shadowsocks dengan OpenVPN di OpenWRT selalu berakhir dengan host dan client tidak dapat mengakses internet atau sebut saja gagal 😂️😂️😂️ padahal OpenVPN berhasil terhubung tetapi gak bisa buat internetan kan anu 😑️😑️😑️. Dan kemarin iseng-iseng coba lagi, eh ternyata berhasil OpenVPN terhubung dan OpenWRT (host) bisa dapat akses Internet dan client juga.

Sebetulnya Shadowsocks dengan plugin simple-obfs saja sudah bisa untuk berinternetan ria, sekedar untuk browsing, streaming, dan tentunya buat download, percuma kalau konek tapi gak bisa buat download 🤣️🤣️🤣️ tetapi ada satu kekurangan yang sangat ngeganggu bagi para gamer yaitu kagak bisa buat nge-game untung pemilik Rureka kagak bisa nge-game 🙊️🙊️🙊️ eh tapi kagak bisa norrent juga bikin sedih sih.Untuk menutupi kekurangan dari Shadowsocks simple-obfs tersebut kita harus menggabungkan koneksi dari Shadowsocks dengan OpenVPN agar bisa norrent dan ngegame, video call juga bisa sepertinya.

Sebelum membahas langkah-langkah menggabungkan Shadowsocks simple-obfs dengan OpenVPN di OpenWRT pastikan Anda telah menyedia bahan-bahan dibawah ini.

  1. Memiliki Router dengan firmware OpenWRT.
  2. Sudah Menginstal Shadowsocks di OpenWRT.
  3. Sudah menginstal OpenVPN di OpenWRT.
  4. Menggabungkan Shadowsocks simple-obfs dengan OpenVPN di OpenWRT
  5. Air Putih biar fokus 🤣️🤣️🤣️

Memiliki Router dengan firmware OpenWRT

Kebetulan Rureka memiliki dua router HG553 dan STB HG680P tapi yang sering dipakai STB HG680P abis speknya gahar 🤣️🤣️🤣️ dan cocok dijadikan mesin download dengan aria2-webui di OpenWRT. Bagi Anda yang ingin beli Router device ini cukup recommended harga terjangkau dibawah 200rb kere hore lah. Tapi jika Anda punya dana lebih bisa lirik Xiaomi Router 3 Pro/3G.

Sudah Menginstal Shadowsocks di OpenWRT

Jika Anda menggunakan STB HG680P bisa lihat cara install Shadowsocks di sini yang Rureka compile untuk HG680P kelebihannya sih cuman gak perlu unduh libsodium dan lib dependency lainnya.

Jika Anda menggunakan device Router OpenWRT selain HG680P bisa mengikuti langkah beikut;

  1. Cek arsitektur device router OpenWRT Anda dengan cara berikut
1
opkg print-architecture | awk '{print $2}'
  1. Download file Shadowsocks-libev dan simple-obfs di sini sesuakaian dengan arsitektur yang keluar di langkah no.1 dan download juga luci-app-shadowsocks
  2. Upload file yang telah didownload tadi ke OpenWRT bisa di /tmp atau /root
  3. Untuk menginstallnya gunakan command line dibawah, dan OpenWRT harus ada akses internet untuk mengunduh file yang dibutuhkan Shadowsocks-libev dan simple-obfs
1
opkg install *.ipk
  1. Untuk setting Shadowsocksnya bisa lihat di sini nah untuk digabungkan dengan OpenVPN bagian Transparent Proxy jangan diaktifkan.

Sudah menginstal OpenVPN di OpenWRT

Untuk cara install OpenVPN dan konfigurasi interfacenya di OpenWRT bisa dilihat di sini. Kemudian tambahkan konfigurasi atau settingan dibawah ke dalam file config OpenVPN yang nanti akan Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan firmware OpenWRT Pulpstone bisa mengikuti langkah menambahkan atau mengedit file config OpenVPNnya di post VPN SSL Stunnel di OpenWRT dan tambahkan kode config OpenVPN dibawah

1
2
3
4
auth-user-pass password.txt # nama password.txt bisa ganti sesuka Anda.
socks-proxy 127.0.0.1 1080
route 0.0.0.0 0.0.0.0 vpn_gateway
route ip_Shadowsocks 255.255.255.255 net_gateway

jangan lupa membuat file password OpenVPN ‘password.txt’ (berada dalam satu folder dengan config OpenVPN) agar tidak memasukkan password secara manual

1
2
username #isikan username akun OpenVPN
password #isikan password akun OpenVPN

Menggabungkan Shadowsocks simple-obfs dengan OpenVPN di OpenWRT

Setelah berhasil menginstal Shadowsocks dan OpenVPN di OpenWRT serta telah membuat settingan atau konfigurasinya langkah selanjunya yaitu menjalankannya.

  1. Langkah pertama yaitu menjalankan Shadowsocks di OpenWRT dengan cara berikut;
1
/etc/init.d/shadowsocks start

nanti akan keluar log seperti dibawah

1
2
2019-10-05 11:41:52 INFO: set MTU to 1492
2019-10-05 11:41:52 INFO: plugin "obfs-local" enabled
  1. Langkah selanjunya menjalankan OpenVPN di OpenWRT dengan cara di bawah. Kebetulan file config OpenVPN dan password Rureka taruh di partisi /root
1
openvpn vpn &   # ganti vpn dengan nama file config Anda beserta ekstensinya

Berikut Screenshot OpenVPN di OpenWRT sudah terhubung

Sekarang Anda sudah bisa ngeping 🤣️🤣️🤣️ eh main game dengan Shadowsocks di OpenWRT dengan bantuan OpenVPN.

Comments

Your browser is out-of-date!

Update your browser to view this website correctly. Update my browser now

×